Home » , , » Meriahnya Lomba Memperingati HUT-RI Ke-68

Meriahnya Lomba Memperingati HUT-RI Ke-68

Menariknya Bukan Pada Hadiah Namun Rasa Kebersamaan

Kita tahu tanggal 17 Agustus kemarin kita bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-68 tahun. Berbagai lapisan masyarakat menyambut dan merayakannya dengan penuh suka cita. Beberapa hari sebelumnya dijalan-jalan protokol sudah terlihat hiasan bendera merah putih. Lalu, ketika hari itu tiba ada banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk merayakannya, seperti upacara bendera, pentas seni dan budaya, serta tak ketinggalan pula mengikuti berbagai lomba permainan-permainan rakyat yang sejak dulu biasa meramaikan acara 17 Agustus-an. Sebut saja, lomba makan krupuk, lomba tarik tambang, lomba balok bakiak, lomba eggrang, lomba balap karung, lomba gebuk bantal, tarik tambang, serta panjat pinang.
  • Lomba Makan Kerupuk
  •  Lomba Joget dan Rebut Kursi
  •  Lomba Tusuk Air
  • Lomba Ambil Koin

Kegiatan tersebut memang selalu dilakukan untuk memperkenalkan kepada generasi muda terutama anak-anak Indonesia tentang permainan rakyat sekaligus juga melestarikannya. Acara tersebut tidak hanya diikuti oleh anak-anak saja, tapi juga orang dewasa. Semua berbaur dalam suasana lomba. Jenis perlombaan dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu yang dimainkan secara individual (makan krupuk, lomba balap kelereng, lomba balap karung, lomba tusuk air, serta lomba gebuk bantal,) dan kelompok (tarik tambang, serta panjat pinang, ambil koin, dll).
  • Lomba Panjat Pinang
  •  Lomba Joged Balon
  •  Lomba Balap Karung

Meskipun hadiahnya sederhana, seperti buku tulis dan pena (kecuali untuk perlombaan panjat pinang), tetapi para peserta tetap antusias mengikutinya. Ketika kalah sama sekali tak ada raut kecewaan di wajah mereka namun justru sebaliknya justru terdengar gelak tawa. Yup, hadiah dan kemenangan memang bukan tujuan utama dalam perlombaan tersebut, melainkan nilai kebersamaanlah yang ingin ditonjolkan.
Bagaimana dengan kalian ? Perlombaan apa yang teman-teman ikuti pada saat 17 Agustus-an kemarin?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Pagerandong | Bendrat | Me
Copyright © 2013. Desa Pagerandong - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger